Bandung, 22 Februari 2024 – Dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan akses Kepesertaan Tapera, BP Tapera melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman PT Pos Indonesia pada 22 Februari 2024. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut menjadi salah satu rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Nasional PT Pos Indonesia Tahun 2024 yang dilakukan di Bandung pada tanggal 21 hingga 22 Februari 2024.

Hadir menandatangani Nota Kesepahaman, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, sedangkan dari pihak BP Tapera hadir langsung Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho didampingi Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Sugiyarto beserta Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi, Wilson Lie Simatupang.

Faizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan produk dan barang, sehingga sangat memungkinkan untuk bekerja sama dalam hal kerja sama produk maupun jasa keuangan.

“PT Pos Indonesia memiliki cabang hingga 14.000 dengan total mitra mencapai 10.000 dan agen pos sebanyak 100.000. Hal tersebut menjadi potensi untuk memudahkan BP Tapera dalam melakukan proses bisnis kepada para Pesertanya,” ujar Faisal.

Sedangkan Komisiner BP Tapera, Heru, menyampaikan bahwa kerja sama dengan PT Pos Indonesia ini sebagai salah satu strategi BP Tapera dalam rangka melakukan penguatan strategi bisnis “Kami membutuhkan banyak kerja sama untuk mengoptimalkan layanan, salah satunya dalam hal Kepesertaan dan Pemanfaatan Produk, dan PT Pos Indonesia menjadi salah satu mitra kerja sama yang potensial,” ujar Heru dalam sambutannya.

Lebih lanjut Heru menyampaikan bahwa kerja sama ini juga menjadi salah satu upaya BP Tapera dalam meningkatkan layanan Kepesertaan Tapera khususnya pada segmen pekerja mandiri / informal, termasuk pada proses collection atas Simpanan Tapera. melalui Nota Kesepahaman ini, PT Pos Indonesia dapat memfasilitasi pengembalian tabungan kepada para PNS Pensiun/Ahli Waris Peserta Tapera yang berdomisili di area cukup jauh dan memiliki keterbatasan dalam hal mengakses lembaga keuangan seperti perbankan.

Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, BP Tapera selanjutnya dapat terus mengembangkan potensi kerja sama lainnya bersama dengan PT Pos Indonesia, seperti Layanan Pendaftaran Peserta dan Produk Pembiayaan Tapera bagi Pegawai PT Pos Indonesia hingga pada penyebaran informasi produk BP Tapera melalui layanan PT Pos Indonesia.

Sebelumnya, BP Tapera juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra kerja lainnya guna menjangkau para Peserta Tapera di seluruh Indonesia. Mengingat kantor BP Tapera saat ini hanya terletak di Jakarta dan tidak memiliki cabang di daerah, maka BP Tapera terus berupaya mengembangkan kerja sama bisnisnya bersama dengan para mitra kerja yang potensial dan strategis demi menjangkau para Peserta di seluruh Indonesia.