BP Tapera turut hadir dalam Kongres II HIMPERRA yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta Selatan pada tanggal 6 Desember 2023. Kegiatan Kongkres II HIMPERRA ini sekaligus menjadi rangkaian kegiatan Milad ke-5 HIMPERRA.  Pada Kongres II kali ini HIMPERRA mengusung tema “Menyongsong Indonesia Emas 2045 Tanpa Backlog Perumahan”

HIMPERRA atau Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat merupakan salah satu asosiasi pengembang perumahan besar di Indonesia yang memberikan kontribusi kepada pemerintah dalam penyaluran bantuan pembiayaan perumahan dengan menyediakan hunian terjangkau.

Selain BP Tapera, turut hadir unsur dari pemerintah dan mitra kerja lainnya yang diundang oleh HIMPERRA, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank BTN, dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto yang hadir mewakili Menteri PUPR dalam sambutannya mengingatkan kepada para para anggota HIMPERRA dalam forum untuk terus memperhatikan sisi kualitas hunian. Selain itu Iwan Suprijanto juga menyampaikan tantangan yang dihadapi di bidang penyediaan perumahan “Angka backlog kepemilikan rumah mencapai 12,71 unit, dan pertumbuhan kepala keluarga baru mencapai 700.000 sampai 800.000 per tahun berdasarkan data Susenas 2021,” ujar Iwan Suprijanto yang disampaikan pula dalam paparannya.

Sedangkan dari pihak BP Tapera, Deputi Pemanfaatan Dana Tapera, Ariev Baginda Siregar dalam sambutannya menyoroti rumah yang belum siap huni namun sudah diakadkan “Ke depannya akan ada perjanjian Kerja Sama antara BP Tapera dengan asosiasi pengembang,” imbuh Ariev Baginda Siregar.

Kegiatan Kongres II HIMPERRA ini dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo secara daring. Dalam tayangan tapping tersebut, Bambang Soesatyo menyampaikan bahwa dalam Pasal 28H Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat “Tempat tinggal merupakan kebutuhan fundamental rakyat yang dijamin dan dilindungi oleh Konstitusi,” ujar Bambang Soesatyo.

Ariev Baginda Siregar juga menjadi salah satu narasumber dalam forum Seminar Nasional Perumahan Rakyat yang digelar pada Kongres II HIMPERRA tersebut bertajuk “Menyongsong Indonesia Emas 2045 Tanpa Backlog Perumahan”. Hadir pula narasumber lainnya dari Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Keuangan, OJK, dan Bank BTN, serta dimoderatori oleh pihak (KADIN) Indonesia.

Ariev Baginda Siregar dalam kesempatannya menyampaikan bahwa realisasi penyaluran KPR Sejahtera FLPP tahun 2023 ini HIMPERRA memberikan kontribusi capaian sebanyak 29.559 unit rumah atau senilai Rp3,7 Triliun “Per 30 November 2023, capaian penyaluran FLPP telah mencapai 96,07% atau 220.000 unit,” terang Ariev.