Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersama Bank Tabungan Negara (BTN) secara resmi telah memberikan hadiah pemenang Sayembara Desain #Rumah Tapera-BTN dalam rangkaian kegiatan acara HUT Bank BTN yang ke 74 yang diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2024 di Indonesia Arena, Kawasan Komplek Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta. Rangkaian kegiatan sayembara ini sejatinya telah dilangsungkan sejak akhir tahun 2023 lalu pada tanggal 8 Desember hingga 30 Januari 2024 dengan batas akhir pengumpulan karya bagi peserta pada tanggal 31 Januari 2024.

Penganugerahan hadiah secara simbolis diberikan langsung Oleh Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho dan Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu, dengan total hadiah Sayembara Desain Rumah Tapera-BTN ini senilai Rp150.000.000,- bagi 6 orang pemenang peserta sayembara yang diikuti oleh masyarakat umum dan bersifat nasional.

Berdasarkan karya yang telah diterima oleh Panitia selama kurun waktu penerimaan karya, terdapat 90 peserta yang mengikuti sayembara untuk kategori desain rumah tapak, 70 peserta untuk kategori desain rumah susun serta 35 peserta untuk kategori desain kawasan tapak.

Jalannya aktivitas penjurian pada tahap awal telah dilakukan pada tanggal 2 Februari 2024 dan menghasilkan 5 karya nominasi terbaik dari setiap kategori Sayembara. Selanjutnya pada tanggal 7 Februari 2024 dilakukan tahap akhir penjurian dan menghasilkan 2 pemenang dari masing-masing kategori Sayembara.

Pemenang dari masing-masing kategori tersebut antar lain yaitu, kategori desain rumah tapak yang diraih oleh peserta dengan nomor RT-065 dengan judul “Rumah Ekspansi” dan nomor peserta RT-050 dengan judul “2048”; adapun untuk pemenang kategori desain rumah susun diraih oleh peserta dengan nomor RS-029 yang berjudul “Rampai Pesisir” dan peserta dengan nomor RS-054 dengan judul karya “Rukun di Susun”; dan juga untuk kategori desain Kawasan Tapak diraih oleh peserta dengan nomor K-018 dengan judul “Guyub Rukun” dan peserta dengan nomor K-017 dengan judul karya “ Padu Dua Ragam”.

Secara resmi pengumuman pemenang telah diumumkan melalui website resmi IAI dn BP Tapera pada tanggal 10 Februari 2024.