BP Tapera terus berupaya meningkatkan literasi masyarakat terkait dengan pembiayaan program pembiayaan perumahan yang dicanangkan oleh pemerintah dengan berkolaborasi bersama Infobank melalui penyelenggaraan webinar dengan tema “Peran Strategis BP Tapera dalam Ekosistem Perumahan Indonesia” pada Selasa (12/12) melalui zoom meeting dan YouTube. Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner BP Tapera, Adi Setianto; Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Junaidi Abdillah sebagai narasumber.

Melalui paparannya, Komisioner BP Tapera, Adi Setianto menyampaikan bahwa BP Tapera akan terus berupaya untuk memberikan layanan optimal dalam hal pengelolaan dana tabungan perumahan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki hunian yang layak. Untuk memainkan peran strategisnya, BP Tapera sendiri memasang target penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) kepada MBR sebanyak 229.000 unit dengan nilai Rp25,18 triliun dan Pembiayaan Tapera (KBR, KPR, KRR) sebanyak 12.072 unit dengan nilai Rp1,5 triliun pada 2023.

“BP Tapera berhasil menyalurkan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sesuai target tahun 2023 sebesar 229.000 unit senilai Rp26,32 Triliun sesuai dengan komitmen dengan Kementerian Keuangan per 12 Desember 2023. Hal ini dapat dicapai oleh BP Tapera berkat dukungan dari berbagai mitra kerja, salah satunya adalah APERSI sebagai asosiasi pengembang perumahan”, Ungkap Adi pada kesempatan webinar tersebut.

Adi Setianto juga mengungkapkan bahwa BP Tapera adalah masa depan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah untuk memiliki rumah yang layak huni. “Hal ini dapat dicapai dengan mudah dengan adanya sinergi antara seluruh pihak baik dari pemerintah, bank penyalur, asosiasi pengembang, dan juga rekan media. Kami yakin masa depan yang bisa diwujudkan bersama menuju Indonesia emas.” Tegas Adi.

Melalui Webinar ini,  Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto  juga memberikan apresiasi kepada BP Tapera atas pencapaiannya di akhir tahun 2023 dengan menyalurkan dana KPR FLPP sesuai dengan target yang ditetapkan. “Tahun ini BP Tapera telah menyelesaikan penyaluran dana FLPP sebanyak 229.000 unit rumah. Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada BP Tapera karena pencapaian ini bukanlah hal yang mudah karena banyak tantangan yang terjadi di perekonomian Indonesia termasuk minat daya beli masyarakat.”

Ketua Umum APERSI, Junaidi Abdillah juga menyampaikan bahwa BP Tapera merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui perumahan. “Tapera merupakan masa depan kesejahteraan rakyat Indonesia dan kami asosiasi pengembang memiliki harapan besar BP Tapera akan lebih baik dari program-program sebelumnya. Sinergi dengan seluruh pihak perlu dilakukan bersama karena masa depan Indonesia yang baik dimulai dari kepemilikan rumah yang layak huni,” Jelas Junaidi Abdillah.

Melalui kegiatan webinar ini, diharapkan mampu membangun kesadaran dan meningkatkan literasi masyarakat atas kebutuhan rumah yang layak huni untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera karena hidup bukan hanya tentang hari ini.