Usai menyelenggarakan seremonial pengembalian tabungan peserta pensiun bagi perwakilan PNS Pensiun/Ahli Waris pada Kamis (2/11) yang bertempat di Kantor BRI Wilayah Manado, Sulawesi Utara, BP Tapera kembali melanjutkan rangkaian kegiatannya dalam sehari dengan melakukan audiensi bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Terakhir dalam rangkaian kegiatannya adalah siaran live Talkshow Forum Publik Bersama OJK Sulutgomalut di TVRI Sulawesi Utara yang bertempat di Kota Manado.

Hadir sebagai pembicara, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro bersama dengan Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sulutgomalut, Yan Iswara Rosya. Talkshow yang mengudara selama 60 menit secara langsung ini membahas tema mengenai kolaborasi BP Tapera bersama OJK dalam perluasan akses keuangan.

Disampaikan oleh Eko Ariantoro, bahwa peran dari BP Tapera dalam akses keuangan adalah dengan menyediakan layanan bantuan pembiayaan perumahan dalam bentuk tabungan. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang belum memiliki rumah pertamanya dengan menjadi peserta Tapera atau dengan mengajukan . Layanan tersebut berupa Kredit Pemilikan Rumah atau Kredit Bangun Rumah. Sedangkan bagi peserta Tapera yang telah memiliki rumah, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah berupa Kredit Renovasi Rumah. Kepesertaan Tapera juga dapat memperoleh manfaat lain berupa pengembangan tabungan yang dapat diperoleh saat memasuki usia pensiun atau akhir kepesertaan. Kepesertaan Tapera ini pun dapat menunjang masyarakat pekerja mandiri / informal.

Peran dan upaya BP Tapera tersebut disambut baik oleh Yan Iswara Rosya dengan menyebutkan bahwa OJK sangat mensupport program BP Tapera dalam perluasan akses keuangan, termasuk pada seluruh industri keuangan dalam memperluas akses keuangan pada masyarakat. “Melalui BP Tapera, masyarakat memperoleh akses inklusi keuangan bagaimana menabung dan bagaimana masyarakat memperoleh pembiayaan untuk rumahnya,” ujar Yan Iswara Rosya.

Selain itu Yan Iswara Rosya juga menjelaskan mengenai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), sebagai salah satu wadah untuk mengakselerasi inklusi keuangan pada masyarakat, terutama di daerah. Menurutnya program BP Tapera dapat berkolaborasi bersama TPAKD dalam hal inklusi keuangan.