Dalam rangka mendukung mewujudkan hunian yang layak dan terjangkau bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) selenggarakan kegiatan sosialisasi program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada Selasa (30/8), di Gedung Graha Bina Praja, Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Kota Palembang.

Acara Sosialisasi ini dihadiri secara langsung oleh Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi BP Tapera, Nostra Tarigan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sumsel, Nora Elisya; serta Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) yang diwakili oleh Kepala Biro Humas DPKN, Sutanto Herujatmiko.

Kegiatan sosialisasi dalam rangka percepatan pemutakhiran data peserta Tapera tersebut dibawakan oleh Budi Santoso selaku Direktur Operasi Pemupukan BP Tapera; Dewi Kania sebagai Pengelola Riset Industri dan Pengembangan Pembiayaan Perumahan Tapera; dan Toto Sugiarto selaku Penyelia Pengembalian BP Tapera yang memandu secara teknis cara melakukan pemutakhiran data. Adapun moderator dalam rangkaian sosialisasi ini adalah Barik Gussaini selaku Kepala Divisi Kepesertaan dan Sumber Dana Lain.

Acara dikemas dalam bentuk sosialisasi hybrid yang dihadiri sedikitnya 250 peserta PNS yang berasal dari Jajaran Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Sumsel; Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII, Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Pemprov Sumsel, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas PU Perumahan dan Perkim serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemprov Sumatera Selatan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan seluruh PNS dapat memahami pentingnya pemutakhiran data peserta untuk dapat melihat saldo tabungan secara real time, menentukan bank pencairan dana serta manfaat Pembiayaan Perumahan Tapera Syariah yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).

Selain melakukan pemutakhiran data, Peserta Tapera juga dapat berkesempatan untuk mendapatkan undian Gelegar Rejeki Tapera yang akan diundi pada Oktober 2022 mendatang dengan hadiah 47 unit handphone samsung dan 20 unit samsung tablet khusus bagi PNS yang sudah melakukan pemutakhiran data peserta.