Optimis, BP Tapera Berikan Kemudahan Dalam Pembiayaan Perumahan Rakyat Di Tengah Resesi Global Dalam menghadapi Resesi Global yang saat ini terjadi di beberapa negara, BP Tapera turut hadir dalam memberikan pembiayaan perumahan yang terjangkau dan layak huni khususnya bagi MBR dalam Forum Group Discussion dan Media Gathering yang diselenggarakan oleh Bank BTN serta dihadiri oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan di Bandung dengan tema ‘ Optimisme Pembiayaan Rumah Rakyat Ditengah Resesi Global ‘ (25/11/22).

Acara tersebut dibuka oleh Moderator Edo Rusyanto, Jurnalis Senior Investor Daily dengan memaparkan kekhawatiran akan demand pembiayaan perumahan khususnya bagi masyarakat MBR yang kini diterpa badai PHK serta Inflasi. Selain itu Edo menambahkan Bagaimana peran pemerintah dalam memberikan stimulus khususnya di sektor perumahan dalam menghadapi tantangan tersebut.

Dalam rangkaian acara tersebut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna mengatakan saat ini pemerintah terus memberikan kemudahan dalam pembiayaan perumahan salah satunya dengan skema FLPP yang mendorong kepemilikan rumah dengan statistik 75% melalui pembiayaan KPR.

Herry juga menambahkan, “diharapkan pada tahun 2045 nanti Indonesia dapat mewujudkan Zero Backlog dengan terus memberikan stimulus dan juga kemudahan dalam pembiayaan perumahan”.

Menyambung pembicaraan tersebut Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan saat ini Pemerintah telah memberikan stimulus dalam pembiayaan perumahan salah satunya melalui kami BP Tapera yang turut mendukung dalam menekan backlog dengan pembiayaan perumahan Tapera serta FLPP.

Adi menambahkan saat ini tantangan dari sisi calon debitur bukan hanya dari sisi ketersediaan rumah yang terjangkau namun eligibel dari sisi BI-Checking dimana para pemohon banyak yang memiliki hutang lain salah satunya pinjaman online, “Saya harapkan kepada calon debitur untuk mengerti kondisi tersebut karena BP Tapera sebagai lembaga yang menyalurkan pembiayaan perumahan subsidi melalui Bank Penyalur”, ujar Adi.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Bank BTN, Haru Koesmahargyo menambahkan selain skema pembiayaan perumahan yang tadi disebutkan saat ini BTN juga memberikan kemudahan dalam kepemilikan rumah yaitu dengan pembiayaan rent-to-own. Selain itu pada tahun 2023 nanti insyallah BTN bersama BP Tapera akan mulai menjalankan inisiasi untuk kepesertaan mandiri Tapera serta menjalankan skema tabungan dalam pembiayaan perumahan FLPP.

Sebagai informasi acara tersebut dihadiri oleh 45 media yang terdiri dari berbagai media salah satunya perbankan dan perumahan. Sebagai Penutup acara tersebut diakhiri oleh ramah tamah serta menyanyi bersama oleh seluruh media.