Selasa , 13 Juni 2023 – BP Tapera menerima permintaan rapat bilateral dengan pihak Jepang yg dihadiri oleh Daiwa tech, Daiwa Research Institute, Aichi Bank, serta JICA (Japan International Cooperation Agency) ke kantor BP Tapera. Kunjungan bilateral tersebut juga turut dihadiri oleh JHF (Japan Housing Finance Agency) secara daring.

Sedangkan dari pihak BP Tapera kunjungan tersebut disambut secara hangat oleh Komisioner BP Tapera, Adi Setianto yang didampingi jajaran Deputi Komisioner, yaitu Deputi Komisioner Pengerahan Dana, Eko Ariantoro; Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana, Gatut Subadio; dan Deputi Komisioner Bidang Hukum & Administrasi, Nostra Tarigan.

Kunjungan pihak Jepang melalui JHF ke BP Tapera ini bukanlah kali pertama dilakukan, sebelumnya jalinan komunikasi dua lembaga di bidang pembiayaan perumahan ini telah beberapa kali dilakukan, salah satunya dalam membahas model pembiayaan perumahan yang ideal, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Kali ini, JHF bermaksud untuk memperkenalkan konsep teknologi hunian Rumah Panel Surya yang telah terdaftar pada NETIS (New Technology Information System) milik Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang dan tentunya dapat digunakan bagi MBR.

Kunjungan bilateral ke BP Tapera dalam rangka menjalin hubungan kerjasama internasional dan sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya dimana BP Tapera datang langsung ke kantor JHF di jepang. JHF merupakan lembaga pembiayaan perumahan milik Pemerintah Jepang, yang bergerak serupa dengan BP Tapera.