Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) yang diwakili oleh Kepala Divisi Operasi Penyaluran Pembiayaan, Is Aprianto, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh DPD Himperra Riau bertema “Peningkatan Kualitas Pengembang Permukiman dan Perumahan di Provinsi Riau” (25/7). Hadir pula dalam kesempatan ini Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Riau yang mewakili Gubernur Provinsi Riau, Yurnalis Basri; Ketua DPP HIMPERRA, Endang Kawidjaja; Ketua DPD HIMPERRA Riau, Donny Satria; dan Regional Credit Operations BRI Pekanbaru, Teguh Wibowo, serta anggota DPD HIMPERRA Prov. Riau dan sekitarnya.

 

BP Tapera secara khusus membahas mengenai peranan BP Tapera dalam meningkatkan minat masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah melalui skema pembiayaan Rumah TAPERA. Melalui paparannya, Is Aprianto mempertegas bahwa BP Tapera hadir untuk masyarakat dalam hal pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat.  “ASN yang memiliki penghasilan di bawah Rp8 Juta dapat memanfaatkan pembiayaan Rumah TAPERA dengan skema pembiayaan suku bunga tetap sebesar 5% dan cicilan yang terjangkau dengan tenor maksimal 30 tahun,” Tegas Is Aprianto.

 

Tidak hanya untuk ASN, BP Tapera juga menghadirkan pembiayaan FLPP dengan tenor maksimal 20 tahun yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang juga memiliki penghasilan dibawah Rp8 juta yang dapat diajukan melalui aplikasi SiKasep. Pada kesempatan yang sama, kegiatan ini diikuti oleh pelaksanaan akad bersama dengan Debitur BRI yang memanfaatkan pembiayaan Rumah TAPERA. Melalui kegiatan ini, diharapkan BP Tapera, pengembang, dan Bank Penyalur terus bersinergi untuk dapat memberikan manfaat pembiayaan perumahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dengan tujuan untuk mengurangi angka backlog di Indonesia.