
Jakarta, 26 Maret 2025 – Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho bersama dengan Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera, Sid Herdi Kusuma serta Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Sugiyarto hadiri seremoni peluncuran Layanan Pengaduan Konsumen Perumahan Terpadu BENAR – PKP. Adapun BENAR merupakan singkatan dari Bantuan Edukasi dan Asistensi Ramah untuk perlindungan konsumen perumahan.
Layanan ini diluncurkan langsung oleh Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Maruarar Sirait didampingi para pejabat tinggi Madya dan Pratama. Dalam kesempatan ini juga turut hadir Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi; Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Muhammad Mufti Mubarok; serta Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rudy Agus Purnomo.
Dalam kesempatan yang sama, Heru Pudyo Nugroho menyampaikan Laporan Progress FLPP Triwulan I 2025. Heru menyampaikan pada Triwulan I ini telah ada langkah progresif dr Menteri PKP untuk melakukan distribusi penyaluran dana bantuan pembiayaan perumahan kepada masyarakat berdasarkan profesi. Seperti contoh ground breaking dengan TNI dan Polri, akad massal KPR dengan guru, hingga komitmen yang telah dilakukan dengan Kementerian lainnya seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Ekonomi Kreatif untuk para pekerja informal, hingga Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, maupun Kementerian Pekerjaan Umum.
Menteri PKP yang kerap disapa Menteri Ara, dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya (Kementerian PKP) dalam beberapa waktu kemarin lakukan berbagai kunjungan dan cukup banyak menemukan permasalahan yang perlu untuk diakomodir aduannya, oleh karena itu Menteri Ara berharap layanan aduan ini dapat mengakomodir harapan yang besar dari Masyarakat.
Rangkaian sesi ini juga turut serta menghadirkan para konsumen dari Meikarta yang memiliki permasalahan dalam proses jual belinya. Oleh karena itu Menteri Ara meminta kepada bawahannya untuk menjadikan prioritas dalam penyelesaiannya.


